Syarat dan Ketentuan ini menetapkan syarat dan ketentuan umum yang mengatur kegiatan pembelian Produk pada Situs Mitra Ina Baraka Indonesia (selanjutnya disebut “Syarat dan Ketentuan”).
Pembeli wajib membaca dan menyetujui isi Syarat dan Ketentuan ini sebelum Pembeli melakukan transaksi pembelian di Mitra Ina Baraka Indonesia. Apabila Pembeli tidak menyetujui isi Syarat dan Ketentuan ini, Pembeli sangat disarankan untuk tidak melakukan transaksi pembelian di Mitra Ina Baraka Indonesia.
Dengan melakukan transaksi pembelian di Mitra Ina Baraka Indonesia, Pembeli berarti menyetujui Syarat dan Ketentuan dan menyatakan terikat dan tunduk pada Perjanjian dengan Toko Online dan Syarat dan Ketentuan.
Definisi
- “PT Ina Baraka Indonesia” adalah suatu Perseroan Terbatas dengan nama dagang Ina Baraka Indonesia, selanjutnya disebut TOKO ONLINE
- Pembeli adalah Mitra Ina Baraka Indonesia yang setuju dengan syarat dan ketentuan yang mengatur kegiatan pembelian, selanjutnya disebut Pembeli
- “Situs Mitra Ina Baraka Indonesia” adalah di mana Toko Online menampilkan Produk dan Harga untuk dijual kepada Para Pembeli .
- “Produk” adalah barang-barang yang dijual di Situs Mitra Ina Baraka Indonesia sesuai yang berada pada katalog produk di situs Mitra Ina Baraka Indonesia.
- “Harga” adalah harga dalam nilai mata uang Rupiah atas setiap Produk yang dijual di Situs Mitra Ina Baraka Indonesia.
- “Perjanjian” adalah kesepakatan antara Toko Online dan Pembeli mengenai Produk dan Harga yang terjadi pada saat Pembeli menyetujui untuk membeli Produk dengan mengirimkan Form Pesanan dan Toko Online mengirimkan konfirmasi Pesanan telah diterima. Dalam Perjanjian, Pembeli wajib membayar Harga dan Toko Online wajib mengirimkan Produk.
- “Form Pesanan” adalah formulir yang harus diisi oleh Pembeli untuk memesan Produk yang dibeli, yang berisi rincian Nama Pembeli, Alamat, Nomor Telepon, Produk (beserta jumlah, warna dan tipe), Metode Pembayaran, dan Metode Pengiriman yang secara otomatis dikeluarkan oleh sistem kepada Pembeli, sebelum Pembeli menyelesaikan pembelian..
- “Pesanan” Produk yang akan dibeli oleh Mitra Ina Baraka mencakup jumlah, warna dan tipe dan Harga.
Produk dan Harga
- Produk dan informasi atau deskripsi keseluruhan Produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) yang ditampilkan di Situs Mitra Ina Baraka Indonesia adalah akurat, benar dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Perbedaan warna dapat terjadi tergantung pada monitor komputer/tablet/handphone Pembeli.
- Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Produk sebagaimana terlihat di situs Mitra Ina Baraka Indonesia tergantung pada monitor komputer/tablet/handphone Pembeli. Toko Online telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Mitra Ina Baraka Indonesia muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs Mitra Ina Baraka Indonesia akan seluruhnya akurat.
- Harga yang ditampilkan di Situs Mitra Ina Baraka Indonesia adalah akurat dan yang berlaku pada waktu harga tersebut tercantum. Harga dapat berubah sewaktu-waktu, namun demikian, perubahan tidak akan mempengaruhi Pesanan yang telah dikonfirmasi oleh Pembeli. Pembeli hanya akan membayar Harga yang tertera di Form Pesanan yang telah dikonfirmasi.
- Toko Online bertanggung jawab atas ketersediaan semua Produk yang ditampilkan dalam Situs Mitra Ina Baraka Indonesia. Apabila stok Produk tidak tersedia atau habis, Toko Online akan mencantumkan keterangan bahwa Produk tersebut tidak tersedia atau habis.
- Terkait ketersediaan, stok Produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Produk kosong, maka Toko Online berhak menolak Pesanan dari Pembeli, dan pembayaran atas Produk yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
- Pembeli wajib untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) dan Harga sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli dengan mengisi Form Pesanan.
Proses Pemesanan
- Pembeli dianggap telah memahami, mengakui, menerima dan menyetujui Produk dan Harga serta deskripsi dan keadaan Produk sebagaimana adanya ketika Pembeli mengirimkan Form Pesanan kepada Toko Online.
- Pembeli wajib membayar sejumlah dana dalam mata uang Rupiah atas produk yang dibeli sebelum barang dikirimkan ke alamat tujuan Pembeli.
- Toko Online akan mengirimkan pemberitahuan penerimaan Pesanan kepada Pembeli yang menyatakan bahwa Pesanan telah diterima, ringkasan Pesanan dan instruksi pembayaran untuk dilakukan oleh Pembeli.
- Apabila Pembeli menemukan kesalahan penulisan data atau alamat dalam Form Pesanan, Pembeli wajib segera menghubungi Toko Online melalui fitur chat atau nomor yang tertera di situs web.
- Kesalahan kirim diakibatkan oleh kelalaian Pembeli dalam menginput alamat bukan merupakan tanggung jawab Toko Online
- Pembeli dan Toko Online menyatakan secara hukum terikat dalam Perjanjian saat Mitra Ina Baraka Indonesia mengirimkan pemberitahuan penerimaan Pesanan.
- Setelah Pembeli melakukan Pembayaran dan konfirmasi Pembayaran diterima oleh Toko Online, Toko Online akan mengirimkan pemberitahuan kepada Pembeli bahwa Pesanan akan segera di proses.
- Toko Online akan mengirimkan pemberitahuan kepada Pembeli ketika Pesanan akan dikirimkan dan sedang dalam proses pengiriman sampai Pesanan tiba di tujuan.
- Jangkauan area pengiriman bergantung pada ketersediaan kurir yang dapat dicek melalui situs web.
Pembayaran
- Pembayaran dilakukan oleh Pembeli dalam mata uang Rupiah (IDR).
- Pembayaran Pesanan dapat dilakukan melalui transfer bank ; e-banking; mobile banking; atau dengan bank transfer langsung ke rekening Toko Online di nomor rekening yang tercantum di situs web.
- Nilai Transaksi adalah Harga Produk + Biaya Pengiriman
- Pembayaran dianggap lunas jika jumlah uang yang diterima Mitra Ina Baraka Indonesia sesuai dengan jumlah yang harus dibayar sebagaimana tercantum dalam Form Pesanan. Pembeli diharapkan segera melakukan konfirmasi pembayaran melalui fitur “Konfirmasi Pembayaran” yang tersedia di Situs Mitra Ina Baraka Indonesia atau menghubungi kami melalui fitur chat.
- Toko Online tidak bertanggung jawab terkait keterlambatan atau penolakan kendala dalam proses transfer antar bank, kendala di ATM, penolakan proses kartu kredit atau kartu debit Pembeli, masalah di sistem pembayaran OVO, Akulaku dan/atau ShopeePay. Dalam hal ini, Pembeli dapat menghubungi pihak bank atau penyedia kartu kredit atau penyedia jasa pembayaran tersebut.
- Toko Online tidak bertanggung jawab atas kelalaian Pembeli dalam menuliskan nama dan nomor rekening tujuan Mitra Ina Baraka Indonesia dan informasi transfer atau kelalaian pihak bank pada saat Pembeli melakukan pembayaran.
Masa Perlindungan Pembeli
- Pada saat menerima Pesanan, Pembeli wajib segera memeriksa keadaan Produk dan memastikan kebenaran, kuantitas dan kualitas Produk yang diterima.
- Pembeli wajib memvideokan barang yang diterima (video unboxing, tanpa jeda tanpa putus), tanpa video unboxing komplain tidak akan kami terima.
- Jika pesanan yang diterima Pembeli tidak sesuai, Pembeli diwajibkan menghubungi Penjual secara langsung melalui fitur chat untuk ketentuan penyelesaian lebih lanjut melalui kontak yang terdapat pada situs web.
- Maksimal 3 hari kalender dari waktu produk tiba di tempat Pembeli untuk pengembalian produk jika produk yang dikirimkan Toko Online tidak sesuai dengan yang Pembeli order.
- Jika tidak sesuai dengan persyaratan diatas, maka komplain tidak akan kami layani.
Pengajuan Keluhan
Kami selalu memeriksa dan memastikan kualitas dan kuantitas Produk sesuai dengan Form Pesanan yang telah setujui oleh Pembeli sebelum pengiriman dilakukan. Namun, apabila Pembeli memiliki keluhan berupa cacat produksi, produk rusak, kedaluwarsa, atau Produk tidak sesuai dengan yang ada di Form Pesanan, Pembeli dapat mengajukan keluhan melalui fitur chat dan kami dengan senang hati membantu masalah Pembeli.
Penyelesaian Sengketa
- Segala sengketa atau perselisihan yang timbul sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan, Perjanjian, hubungan hukum antara Pembeli dan Toko Online akan diselesaikan pertama-tama secara musyawarah.
- Dalam hal penyelesaian secara musyawarah tidak dapat tercapai, para pihak sepakatuntuk menyelesaikan sengketa atau perselisihan di Pengadilan Negeri sesuai wilayah tergugat.
Hukum Yang Berlaku
Syarat dan Ketentuan, Perjanjian, hubungan hukum antara Pembeli dan Mitra Ina Baraka Indonesia dan segala akibat hukum yang timbul sehubungan dengan penggunaan Situs Mitra Ina Baraka Indonesia dan transaksi pembelian di Toko Online diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.
Layanan Pelanggan
Toko Online selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Apabila pelanggan memiliki kendala dalam penggunaan Situs Mitra Ina Baraka Indonesia, pertanyaan, komentar maupun saran, pelanggan dapat menghubungi kami di fitur chat maupun email.
Kebijakan Privasi adalah ketentuan mengenai jenis informasi pribadi milik Pembeli yang didapatkan, bagaimana penggunaan informasi tersebut dan mengenai cara penyimpanan informasi.
Perlindungan Informasi Pribadi
- Dalam memberikan layanan terbaik kepada Pembeli, Toko Online akan memerlukan data Pembeli sebagai berikut: nama, alamat, nomor telepon, email, dan bukti transfer pembayaran (“Data”).
- Dengan melengkapi Form Pesanan, Pembeli dianggap menyetujui untuk memberikan Data kepada Toko Online untuk keperluan pengiriman Produk dan Toko Online dengan ini berjanji dan menjamin kerahasiaan Data yang diberikan kepada Mitra Ina Baraka Indonesia.
Kebijakan Pengiriman
Kebijakan Pengiriman merupakan ketentuan penting terkait informasi pengiriman ketika Pembeli membuat pesanan, yang berisi detil mengenai metode dan biaya pengiriman, waktu pengiriman dan hal lainnya.
Pengiriman
- Pesanan akan segera diproses dan dikirimkan setelah pembayaran lunas.Toko Online akan memberitahukan Pembeli melalui sms atau whatsapp atau email, informasi mengenai status pengiriman, nomor resi pengiriman, tanggal pengiriman, dan perkiraan waktu Pesanan akan sampai tujuan. Apabila Pembeli memiliki akun di Situs Mitra Ina Baraka Indonesia, Pembeli dapat memantau status Pesanan di fitur “Pesanan Saya”. Pembeli dapat juga menghubungi fitur chat atau nomor yang tertera di situs web untuk menanyakan status pengiriman Pesanan.
- Pesanan akan dikirimkan ke alamat yang tercantum di Form Pesanan. Toko Online tidak bertanggung jawab atas kesalahan penulisan alamat oleh Pembeli, baik itu Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan., Kelurahan/ Desa, apabila Pembeli menemukan kesalahan penulisan alamat di Form Pesanan, Pembeli dapat segera menghubungi Toko Online melalui fitur chat atau nomor yang tertera di situs web
- Pengiriman dilakukan oleh pihak penyedia jasa pengiriman yang dipilih Pembeli dalam Form Pesanan.
- Biaya jasa pengiriman dapat bervariasi tergantung dari berat Produk dan jarak/wilayah pengiriman. Biaya jasa pengiriman sepenuhnya ditanggung oleh Pembeli.
- Lama waktu pengiriman adalah sesuai dengan yang telah diinformasikan dalam Form Pesanan ketika Pembeli memilih pihak penyedia jasa pengiriman. Mitra Ina Baraka Indonesia tidak menjamin dan bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman dari pihak penyedia jasa pengiriman. Ganti rugi atas keterlambatan atau kehilangan tunduk sepenuhnya pada ketentuan pihak penyedia jasa pengiriman.
Kebijakan Pengembalian adalah ketentuan mengenai pengembalian uang ataupun barang oleh Penjual kepada Pembeli
Pengembalian Uang Pembayaran (Refund)
- Terkait dengan permintaan Pengembalian Uang Pembayaran, Pembeli harap menghubungi Penjual secara langsung melalui fitur chat untuk ketentuan penyelesaian lebih lanjut melalui kontak yang terdapat pada situs web, dengan syarat memenuhi ketentuan yang sudah disepakati.
Pembatalan, Pengembalian atau Penukaran Produk
- Terkait dengan permintaan Pembatalan, Pengembalian atau Penukaran Produk, Pembeli harap menghubungi Penjual secara langsung melalui fitur chat untuk ketentuan penyelesaian lebih lanjut melalui kontak yang terdapat pada situs web.
Kebijakan Privasi adalah ketentuan mengenai jenis informasi pribadi milik Pembeli yang didapatkan, bagaimana penggunaan informasi tersebut dan mengenai cara penyimpanan informasi.
Perlindungan Informasi Pribadi
- Dalam memberikan layanan terbaik kepada Pembeli, Mitra Ina Baraka Indonesia akan memerlukan data Pembeli sebagai berikut: nama, alamat, nomor telepon, email, dan bukti transfer pembayaran (“Data”).
- Dengan melengkapi Form Pesanan, Pembeli dianggap menyetujui untuk memberikan Data kepada Mitra Ina Baraka Indonesia untuk keperluan pengiriman Produk dan Mitra Ina Baraka Indonesia dengan ini berjanji dan menjamin kerahasiaan Data yang diberikan kepada Mitra Ina Baraka Indonesia.
Kebijakan Pengiriman
Kebijakan Pengiriman merupakan ketentuan penting terkait informasi pengiriman ketika Pembeli membuat pesanan, yang berisi detil mengenai metode dan biaya pengiriman, waktu pengiriman dan hal lainnya.
Pengiriman
- Kecuali Pembeli memilih pembayaran dengan cara COD, Pesanan akan segera diproses dan dikirimkan setelah pembayaran lunas. Mitra Ina Baraka Indonesia akan memberitahukan Pembeli melalui sms atau whatsapp, informasi mengenai status pengiriman, nomor resi pengiriman, tanggal pengiriman, dan perkiraan waktu Pesanan akan sampai tujuan. Apabila Pembeli memiliki akun di Situs Mitra Ina Baraka Indonesia, Pembeli dapat memantau status Pesanan di fitur “Pesanan Saya”. Pembeli dapat juga menghubungi fitur chat atau nomor yang tertera di situs web untuk menanyakan status pengiriman Pesanan.
- Pesanan akan dikirimkan ke alamat yang tercantum di Form Pesanan. Mitra Ina Baraka Indonesia tidak bertanggung jawab atas kesalahan penulisan alamat oleh Pembeli. Apabila Pembeli menemukan kesalahan penulisan alamat di Form Pesanan, Pembeli dapat segera menghubungi Toko Online melalui fitur chat atau nomor yang tertera di situs web
- Pengiriman dilakukan oleh pihak penyedia jasa pengiriman yang dipilih Pembeli dalam Form Pesanan.
- Biaya jasa pengiriman dapat bervariasi tergantung dari berat Produk dan jarak/wilayah pengiriman. Biaya jasa pengiriman sepenuhnya ditanggung oleh Pembeli.
- Lama waktu pengiriman adalah sesuai dengan yang telah diinformasikan dalam Form Pesanan ketika Pembeli memilih pihak penyedia jasa pengiriman. Mitra Ina Baraka Indonesia tidak menjamin dan bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman dari pihak penyedia jasa pengiriman. Ganti rugi atas keterlambatan atau kehilangan tunduk sepenuhnya pada ketentuan pihak penyedia jasa pengiriman.
- Untuk pengiriman dengan cara COD, apabila setelah 3x (tiga) kali berturut-turut petugas jasa pengiriman tiba di alamat tujuan dan tidak ada siapa pun yang hadir untuk menerima Pesanan dan melunasi pembayaran, maka Pesanan dianggap batal.
Kebijakan Pengiriman merupakan ketentuan penting terkait informasi pengiriman ketika Pembeli membuat pesanan, yang berisi detil mengenai metode dan biaya pengiriman, waktu pengiriman dan hal lainnya.
Pengiriman
- Kecuali Pembeli memilih pembayaran dengan cara COD, Pesanan akan segera diproses dan dikirimkan setelah pembayaran lunas. Mitra Ina Baraka Indonesia akan memberitahukan Pembeli melalui sms atau whatsapp, informasi mengenai status pengiriman, nomor resi pengiriman, tanggal pengiriman, dan perkiraan waktu Pesanan akan sampai tujuan. Apabila Pembeli memiliki akun di Situs Mitra Ina Baraka Indonesia, Pembeli dapat memantau status Pesanan di fitur “Pesanan Saya”. Pembeli dapat juga menghubungi fitur chat atau nomor yang tertera di situs web untuk menanyakan status pengiriman Pesanan.
- Pesanan akan dikirimkan ke alamat yang tercantum di Form Pesanan. Mitra Ina Baraka Indonesia tidak bertanggung jawab atas kesalahan penulisan alamat oleh Pembeli. Apabila Pembeli menemukan kesalahan penulisan alamat di Form Pesanan, Pembeli dapat segera menghubungi Toko Online melalui fitur chat atau nomor yang tertera di situs web
- Pengiriman dilakukan oleh pihak penyedia jasa pengiriman yang dipilih Pembeli dalam Form Pesanan.
- Biaya jasa pengiriman dapat bervariasi tergantung dari berat Produk dan jarak/wilayah pengiriman. Biaya jasa pengiriman sepenuhnya ditanggung oleh Pembeli.
- Lama waktu pengiriman adalah sesuai dengan yang telah diinformasikan dalam Form Pesanan ketika Pembeli memilih pihak penyedia jasa pengiriman. Mitra Ina Baraka Indonesia tidak menjamin dan bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman dari pihak penyedia jasa pengiriman. Ganti rugi atas keterlambatan atau kehilangan tunduk sepenuhnya pada ketentuan pihak penyedia jasa pengiriman.
- Untuk pengiriman dengan cara COD, apabila setelah 3x (tiga) kali berturut-turut petugas jasa pengiriman tiba di alamat tujuan dan tidak ada siapa pun yang hadir untuk menerima Pesanan dan melunasi pembayaran, maka Pesanan dianggap batal.
Kebijakan Pengembalian adalah ketentuan mengenai pengembalian uang ataupun barang oleh Penjual kepada Pembeli
Pengembalian Uang Pembayaran (Refund)
Terkait dengan permintaan Pengembalian Uang Pembayaran, Pembeli harap menghubungi Penjual secara langsung melalui fitur chat untuk ketentuan penyelesaian lebih lanjut melalui kontak yang terdapat pada situs web.
Pembatalan, Pengembalian atau Penukaran Produk
Terkait dengan permintaan Pembatalan, Pengembalian atau Penukaran Produk, Pembeli harap menghubungi Penjual secara langsung melalui fitur chat untuk ketentuan penyelesaian lebih lanjut melalui kontak yang terdapat pada situs web.